Sandiaga Terinspirasi Cerita Pembanguan Manusia dari Sultan Syarif Kasim II

Sandiaga saat mengunjungi makam sultan syarif kasim II. (Foto: IG Sandiaga)
Sandiaga saat mengunjungi makam sultan syarif kasim II. (Foto: IG Sandiaga)

Puolitik.com – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno melakukan ziarah ke makam Sultan Syarif Kasim II di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kampung Dalam Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Senin (4/3/2019).

Melalui akun facebooknya, mantan Gubernur DKI jakarta ini menyebut  Sang Sultan sangat menginspirasi masyarakat dan dirinya.”Sultan Syarif Kasim II memberikan banyak inspirasi pada bangsa ini. Ia berusaha memajukan pendidikan untuk masyarakatnya dengan pendidikan yang bermutu untuk menghadapi persaingan dengan Belanda waktu itu,”kata dia.

Menurut Sandi, Sejak dinobatkan sebagai raja dalam usia 21 tahun, pemimpin kharismatik itu langsung bergiat memperbaiki pendidikan, untuk memajukan masyarakatnya dengan membuat kurikulum pendidikan yang berbasis agama, sains, dan terbuka, menerima siapa saja yang mau belajar di sekolah-sekolah yang didirikannya.

Saat itu, Sultan memprioritaskan pembangunan manusia bukan yang lain. Sulthan Syarif juga memberikan kekayaannya sebanyak lebih dari Rp1 triliun untuk Republik Indonesia yang saat itu baru merdeka.

“Sulthan Syarif Kasim memberikan banyak inspirasi pada bangsa ini. Pengorbanannya dan kemurahan hatinya untuk memberikan segalanya kepada Republik Indonesia sangat patut diapresiasi. Tidak hanya itu, Sulthan juga berusaha memajukan pendidikan untuk masyarakatnya. Pendidikan yang bermutu untuk menghadapi persaingan dengan Belanda waktu itu,” tutur Sandi.

Sandi mengaku belajar dari Sulthan Syarif Kasim II untuk menomorsatukan pembangunan manusia dan pengorbanannya untuk bangsa dan negaranya. “Kita patut mengambil pelajaran dari Sultan Syarif Kasim II dalam hal mengutamakan pembangunan manusia. Pembangunan infrastruktur memang penting, tetapi pembangunan manusia jauh lebih penting,”pungkas dia.