Indahnya JPO GBK yang Disulap Anies Baswedan Jadi Berkilau dan Instagramable

Puolitik.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan kembali menunjukkan hasil dari kebijakannya di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Adalah Jalan Penyebrangan Orang (JPO) Bunderan Senayan, JPO Gelora Bung Karno dan JPO Polda Metro Jaya kawasan tersebut.

JPO tersebut berdesain artistik di Gelora Bung Karno, Jakarta, menjadi spot favorit baru warga ibu kota yang gemar foto. Anies telah meresmikan JPO Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).

Berbeda dengan JPO biasanya, JPO Gelora Bung Karno merupakan salah satu jembatan yang telah direvitalisasi sejak bulan Oktober 2018 lalu dan dibangun dengan konsep yang artistik juga kekinian.

Diketahui, JPO GBK memiliki panjang 66,5 meter dengan lebar sekitar 2,5 meter. Dengan desain modern, JPO Gelora Bung Karno memiliki atap transparan yang terbuat dari bahan dasar solid polycarbonate anti sinar UV yang membuat Anda bisa melihat ke arah langit secara langsung meski sedang berada di dalam jembatan.

JPO tersebut memiliki design yang unik dan modern lengkap dengan lampu LED yang mempercantik tata pencahayaan yang akan memperindah kota, cctv yang beroperasi selama 24 jam, dua buah lift, guidance block yang tentunya ramah bagi kaum disabilitas dan ibu hamil. Seluruh JPO juga terkoneksi dengan Busway.

Adapun, material lantainya pun juga menggunakan kayu berjenis GRM Biowood. Tak hanya memanjakan pandangan mata, kayu tersebut rupanya juga memberi kesan yang elegan dan ringan ketika Anda melintasi jembatan tersebut.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah berupaya untuk membuat Jembatan Penyebrangan yang ramah untuk penyandang disabilitas, ibu hamil, dan lansia. JPO tersebut n juga akan dilengkapi dengan fasilitas dua lift untuk memudahkan akses pejalan kaki yang menjadi prioritas. Lift tersebut, rencananya akan rampung pada bulan Mei 2019 mendatang.

Dalam Sambutannya, Anies berharap bahwa dengan diresmikannya ketiga JPO ini, warga yang melintas mendapatkan pengalaman baru yang unik.

“Ada yang digariskan bawahi. JPO dibangun dengan desain unik, artistik dan tata pencahayaan yang menambah keindahan kota, ini jadi babak baru bagi penataan kota di Jakarta. Bukan hanya fungsi bagi warga. Tapi artistik, membawa suasana baru, keindahan dan insyaallah bawa kebahagiaan,” kata Anies saat peresmian,Kamis (28/2/2019) lalu di JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.