Takut Suara Hilang, Para Caleg ini Enggan Pasang Foto Jokowi-Ma’ruf di Baliho

Sumber foto: Jawapos.com
Sumber foto: Jawapos.com

Puolitik.com – Beberapa calon anggota legislatif (Caleg) dari parpol pengusung Capres-Cawapres 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Provinsi Sumatera Barat tidak memasang foto Jokowi-Ma’ruf di alat peraga kampanye (APK) di baliho dan spanduk kampanye yang mereka pasang di berbagai titik.

Ketua Forum Komunikasi Relawan Pemenangan Jokowi (FKRPJ) Sumbar Mayjen TNI (Purn) Hartind Asrin seperti dikutip Puolitik.com dari Jawapos.com pada Selasa (5/3/2019) membenarkan hal ini.

“Saya tanya, kok enggan pasang foto Jokowi? Katanya takut suara hilang di Sumbar,”kata dia.

Para Caleg dari parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf ini hanya memasang foto dan lambang partai. Ada juga yang memajang foto Jokowi-Ma’ruf, namun jumlahnya sangat sedikit, padahal, jumlah Caleg yang berasal dari Golkar, Hanura, NasDem, PPP, PDIP, Golkar, PKB, Perindo, PSI dan PKPI luar biasa banyak. Namun, susah mencari Caleg yang mau memajang foto Jokowi-Ma’ruf. Baik Caleg DPRD Kabupaten/Kota maupun DPR RI.

Hartind mengatakan anah Minang adalah zona sangat merah dan seksi untuk direbutkan pendukung Jokowi-Ma’ruf. Namun, sikap Caleg yang enggan memasang foto Jokowi-Ma’ruf terkesan setengah hati mendukung pemenangan Capres petahana. “Ya, Caleg (Sumbar) setengah hati dukung Jokowi,” ujar dia.

Namun demikian, Hartind mengatakan pihaknya memaklumi alasan para Caleg yang takut suaranya berkurang jika terang-terangan kampanye Jokowi di Ranah Minang. “Mungkin karena finansial pribadi, nanti kalau kalah kan mereka (caleg) rugi. Jadi cari aman,” katanya.

Bahkan Ketua pemenangan Jokowi-Ma’ruf Sumbar Hendra Irwan Rahim juga terkesan enggan memajang foto Jokowi-Ma’ruf di baliho.