Anies: Ibukota Lebih Butuh Air Bersih Daripada Air Beralkohol

Puolitik.com – Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan masyarakat di Jakarta lebih memerlukan suplai air bersih daripada minuman beralkohol.

Atas alasan itulah, Anies berencana untuk melepas saham milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di perusahaan bir PT Delta Djakarta Tbk.

Read More

Baca juga: Anies Ingin Jual Saham Bir, Tapi DPRD Jakarta tidak Setuju, Rakyat yang Menilai

Anies menyebut hasil penjualan saham itu bisa digunakan untuk melakukan pembangunan, salah satunya adalah pembangunan jaringan pipanisasi air bersih.

 “Saya rasa Jakarta lebih butuh air bersih, bukan air (minuman) beralkohol, itu kebutuhan Jakarta hari ini,”kata dia, seperti dikutip Detik.com pada Sabtu (9/3/2019).

Lebih lanjut, Anies mengatakan saat ini Pemprov mendapatkan uang sekitar Rp 1,2 triliun jika melepas saham di Delta Djakarta. Uang itu bisa digunakan untuk membangun 100 ribu jaringan pembuatan air bersih di Jakarta.

Selain itu, Mantan Menteri Pendidikan ini juga mengatakan uang hasil penjualan saham di Delta Djakarta bisa juga digunakan untuk membangun banyak gedung sekolah atau membeli bus-bus baru.

Anies mengatakan uang Pemprov DKI itu akan lebih bermanfaat dibandingkan terus-menerus ditanam di Delta Djakarta.

Karena itu, Anies berharap DPRD DKI menyetujui penjualan saham Pemprov DKI di Delta Djakarta.”Kami bisa membangun lebih dari 100 sekolah seperti ini dengan dana yang ada itu, bisa dapat 240 bus,”jelasnya.

Lebih lanjut, Anies mengungkapkan pelepasan saham Pemprov DKI di Delta Djakarta merupakan janji kampanye Anies dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pada Pilkada DKI 2017. Pemprov DKI sendiri memiliki saham sebesar 26,25 persen di Delta Djakarta.

Namun niat pelepasan saham di Delta Djakarta menuai pro dan kontra di DPRD DKI Jakarta. Ketua DPRD setempat Prasetio Edi Marsudi yang juga politisi PDIP menolak rencana Anies tersebut dengan alasan Delta Djakarta memberi keuntungan.