Inginkan Ekosistem Pendidikan Lebih Baik, Anies Rehabilitasi Total 98 Sarana Pendidikan

Puolitik.com – Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Anies Baswedan meresmikan Rehabilitasi Total 98 Sarana Prasarana Pendidikan di wilayah hukumnya. Adapun, bangunan yang direnovasi yaitu 1 Gedung Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian juga 95 gedung sekolah yang meliputi SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan PKBM di wilayah Provinisi DKI Jakarta, serta 2 Gedung Asrama Sekolah. Acara ini berlangsung Jumat (8/3/2019) di Gedung SDN Pondok Labu RT01/05, Jalan RS Fatmawati No. 178, Jakarta Selatan.

Read More

Dalam kesempatan ini, Anies menyampaikan apresiasi atas rehabilitasi total terhadap sarana dan prasarana di sektor pendidikan ini.

Anies juga menegaskan, sarana dan prasarana pendidikan/gedung sekolah yang direhab dan menjadi pilot project, dipastikan ramah bagi disabilitas/Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

“Gedung-gedung sekolah yang direhabilitasi total menjadi pilot project, Insya Allah semuanya dirancang setara untuk semua, jadi ramah bagi penyandang disabilitas. Selain itu juga ramah lingkungan, sebab gedung-gedung sekolah ini dilengkapi dengan sistem tata udara alami dan panel surya,”kata dia dalam akun facebooknya.

Lebih lanjut, Anies mengatakan diharapkan ekosistem pendidikan di Jakarta menjadi lebih baik, karena Dinas Pendidikan DKI Jakarta menunaikan semua yang menjadi kewajiban dengan sebaik-baiknya dan hak para guru tenaga pendidikan tertunaikan juga.

Lebih lanjut, Anies mengatakan gedung ini disebut sekolah karena ada kegiatan belajar-mengajar.

“Maka tumbuhkan kegiatan belajar mengajar dalam arti yang sesungguhnya. Suasana yang menyenangkan bagi siswa, guru dan juga suasana yang menantang. Penting bagi semua komponen yang ada di sekolah untuk memiliki sifat pembelajar; baik kepala sekolah, guru, siswa, orangtua dan tenaga kependidikan harus memiliki karakter pembelajar,”kata dia lagi.

“Bagi semua yang belajar di sekolah-sekolah ini: kibartinggikan cita-citamu, dengan kerja keras, kerja cerdas, dan doa tulus, lalu lampaui semua cita-citamu itu,”ujarnya.