Sebut Ideologi Pancasila Sudah Final, Prabowo akan Masukkan Kedalam Sistem Pendidikan

Puolitik.com – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam penyampaian visi-misi dalam debat keempat Pilpres 2019  mengatakan ideologi Pancasila adalah bentuk final.

Debat keempat Pilpres 2019 diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Read More

Salah satu tema debat memang membahas ideologi. Prabowo mengatakan Pancasila merupakan ideologi final bangsa ini dan itu merupakan suatu kecemerlangan.

“Bagi kami, Pancasila adalah ideologi final. Pancasila adalah hasil suatu kompromi besar, suatu kecemerlangan dari generasi pendiri bangsa kita,” kata Prabowo.

Dia mengatakan Pancasila berhasil mempersatukan ratusan kelompok etnis, ratusan suku, agama-agama besar, budaya yang berlainan, hingga keberagaman bangsa. Karena itu, dia bertekad menjaganya sampai kapan pun.

“Kompromi ini berhasil. Kami bertekad mempertahankan Pancasila sampai titik terakhir, kalau ada yang mau mengubah ini, akan saya hadapi dengan semua kekuatan yang ada pada diri saya,” jelas dia.

Dalam debat itu, Prabowo juga menilai Pancasila harus dimasukkan ke dalam pendidikan sejak dini hingga pendidikan lanjutan.

“Menurut pendapat saya Pancasila ini walaupun kita tidak mau menggunakan pendekatan indoktrinasi, tapi kita harus memasukkan Pancasila ke dalam pendidikan bangsa kita, pendidikan dari kecil dari awal, dari usia dini Taman kanak-kanak, SD SMP SMA harus dimasukkan dalam edukasi,” kata dia.

Menurut Prabowo, pendidikan Pancasila wajib dimasukkan ke dalam kurikulum setiap tingkat pendidikan.

Selain itu, Prabowo juga menjelaskan para pemimpin harus memberi contoh yang mempersatukan dan menyejukkan masyarakat.

“Memberi contoh dalam masalah edukasi ini, dalam memilih orang tidak boleh memandang suku, agama, ras. Dalam menjalankan politik harus politik persatuan, bukan politik pecah belah, bukan politik cari kesalahan, bukan politik cari perbedaan,” kata mantan Danjen Kopasus itu.

Komisi Pemilihan Umum menyelenggarakan Debat Ke-4 Pilpres 2019. Debat pada kali itu mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.