Gembiranya Warga Ibu Kota Menyaksikan Jakarta Muharram Festival

Puolitik.com – Warga Jakarta yang memadati Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang menjadi titik pusat gelaran Jakarta Muharram Festival berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rutin menggelar kegiatan serupa di malam hari.

“Rasanya seperti Car Free Day (CFD) di malam hari. Kalau CFD Minggu pagi sudah biasa, tapi kalau malam hari suasananya beda,” kata Rahmat yang membawa istri dan anaknya untuk menikmati Jakarta Muharram Festival, Sabtu (1/9/2019) malam, dikutip Antara.

Hal senada disampaikan Lisa, mahasiswi salah perguruan tinggi di Jakarta Barat yang datang bersama teman-teman satu kampusnya.”Seru ada acara malam di HI, bisa banyak foto buat Instagram. Semoga banyak acara malam lain, jangan cuma ini (Jakarta Muharram Festival) dan tahun baru saja,” tuturnya.

Jakarta Muharram Festival adalah gelaran yang digelar oleh Pemprov DKI untuk menyambut Tahun Baru 1441 Hijriyah. Kegiatan yang digelar untuk pertama kalinya ini diselenggarakan di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Festival itu dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan dibuka dengan Tausiah dari Ustaz Maulana.

Festival ini juga dimeriahkan oleh artis-artis Tanah Air seperti Kotak, Wali, Potret, Pasha, Opick, Koes Plus Junior, Wika Salim, Kanda Brothers, Jiung Band, Takaeda, dan Hijab Band.

Para artis ini mengisi Muharram Concert yang menjadi rangkaian dari Jakarta Muharam Festival 2019. Selain Muharam Concert, festival ini juga memiliki beragam acara, pertunjukan, dan penampilan. Mulai dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Piala Gubernur Pawai Obor yang diikuti 2.600 orang dan Fire Dance.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Anies menunjukan kebolehannya berpantun, namun berbeda seperti sebelumnya di mana Anies selalu menunjukan kebolehannya pada para pejabat, kali ini Anies berpantun di depan masyarakat saat perhelatan Jakarta Muharram Festival.

Dalam acara yang digelar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Sabtu malam tersebut, Anies berpantun, setelah Irfan Hakim menantang sang gubernur berpantun saat sesi bagi-bagi hadiah pada masyarakat dengan berpantun.

“Setelah dua orang berpantun tadi dengan usaha yang luar biasa, bagaimana kalau sekarang kita tantang pak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk berpantun buat kita semua, bagaimana, setuju kan?,” kata Irfan Hakim yang disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Anies dengan tersenyum kemudian berdiri dan bergerak maju dan langsung mengeluarkan rangkaian kata-kata menjadi pantun yang terlintas di kepalanya dengan isi harapannya pada warga Jakarta.

“Naik Kopaja dari Pondok Gede, lanjut Transjakarta jalan semakin laju. Selamat tahun baru pada semua warga, bersama-sama kita dorong Jakarta maju bersama,” kata Anies menyampaikan pantunya yang disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Selain Anies, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said yang akrab disapa Pasha Ungu memukau penonton Jakarta Muharram Festival tersebut. Pasha Ungu membawakan tujuh buah lagu, dua diantaranya berduet dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta duet bersama band Kotak.

Jakarta Muharram Festival pertama kali digelar di Jakarta itu merupakan peringatan Tahun Baru 1441 hijriah. Penyelenggara menggunakan dua panggung di sebelah Utara dan Selatan bundaran HI.

Pasha mengatakan dirinya dapat tampil di panggung tersebut, karena pemerintah DKI Jakarta dan para fans Unggul Band yakni “Cliquers” pada momentum peringatan satu Muharram. Beberapa lagu dinyanyikan Pasha diantaranya Hasbunallah, Dengan Nafasmu, Surgamu dan Dia Maha Sempurna. Lagu penutup yang dinyanyikan Pasha yakni Para PencariMu dan berharap Jakarta selalu Jaya serta dapat bertemu di waktu dan kesempatan lainnya.