Ketua Satgas Penanganan COVID-19 IDI Apresiasi Anies yang Buka Posko Pengisian Tabung Oksigen di Monas

Anies saat mengecek posko oksigen di Monas, Senin kemarin.(Foto: Dok. Anies Baswedan)

JAKARTA – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengapresiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membuka posko isi ulang tabung oksigen di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

“Posko oksigen di Monas merupakan langkah taktis, dan saya amat mengapresiasi Mas aniesbaswedan dalam hal ini. Pasalnya stok oksigen adalah hal yang paling mendesak. Pasien Covid-19 dalam bahaya jika kekurangan oksigen–saat kondisinya sedang memburuk,”kata Prof Zubairi, dikutip dari laman twitter resminya pada Selasa (6/7/2021).

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan posko ini diperuntukkan bagi rumah sakit (RS) mengambil stok oksigen.

“RS-RS yang membutuhkan dukungan darurat dapat menukar tabung oksigen kosongnya di sini untuk kita bantu pengisian ulangnya. Posko ini di bawah koordinasi BPBD DKI Jakarta, dan melibatkan armada lintas dinas dari Dishub, Dinas LH, Dinas Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota serta Satpol PP,”kata Anies dalam unggahannya di facebook.

Selain itu, Anies mengatakan di Monas juga ada posko untuk pemulasaraan jenazah dengan protokol COVID-19. Posko ini akan mendistribusikan tim pemulasaraan dan pemakaman ke wilayah Jakarta.

“Petugas dari BPBD dan Satpol PP diperbantukan untuk mengurangi beban Palang Hitam DKI/Dinas Pertamanan dan Hutan Kota yang sudah overload. Selamat bertugas Ibu/Bapak di posko Monas, terima kasih telah turut menjalankan amanat konstitusi, melindungi segenap Bangsa Indonesia,”ujar Anies.