Menkopolhukam Mahfud MD Nonton Sinetron Ikatan Cinta Saat PPKM Darurat

Mahfud MD. (Foto: Dok Twitter Mahfud MD)

Puolitik.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku memiliki kesempatan menonton sinetron Ikatan Cinta selama PPKM Darurat di Jawa-Bali.

Hal itu Mahfud sampaikan lewat akun twitter pribadinya, @mohmahfudmd, Kamis (15/7) malam. Mahfud turut menyinggung isi cerita Ikatan Cinta dengan ketentuan hukum pidana di Indonesia.

Penerapan PPKM Darurat membuatnya memiliki waktu luang di rumah lebih cukup untuk mulai menonton sinetron yang dibintangi Amanda Manopo dan

“PPKM memberi kesempatan kepada saya nonton serial sinetron Ikatan Cinta. Asyik juga sih, meski agak muter-muter,” cuitnya di akun Twitternya, Kamis (15/7/2021) malam.

Dalam cuitannya, Mahfud menilai pemahaman hukum si penulis cerita tidak tepat. Di sinetron itu diceritakan Sarah, ibu kandung Elsa Anindita dan ibu tiri Andini Karisma Putri mengaku sebagai pembunuh Roy Alfahri.

Padahal, pembunuh Roy, empat tahun lalu adalah Elsa yang selanjutnya memfitnah Andin dan membuatnya menjalani hukuman yang tidak dilakukan saat hamil.

Dari logika hukum itu, kata Mahfud, tak seharusnya pengakuan Sarah yang tak ingin anaknya masuk tahanan, secara otomatis membuatnya merasakan dinginnya sel. “Padahal pengakuan dalam hukum pidana itu bukan bukti yang kuat,” tulisnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menuturkan, si penulis cerita jelas kurang memiliki pemahaman hukum yang luas.

“Lah, dalam hukum pidana tak sembarang orang mengaku lalu ditahan. Kalau begitu nanti banyak orang buat jahat lalu menyuruh (membayar) orang untuk mengaku sehingga pelaku yang sebenarnya bebas,” tulisnya.

Sinetron Ikatan Cinta telah menjadi sihir bagi masyarakat Indonesia terutama kelompok ibu-ibu. Sejak tayang 19 Oktober 2020, sinetron ini dibintangi Amanda Manopo sebagai Andin, Arya Saloka sebagai Aldebaran, Glenca Chysara sebagai Elsa, Evan Sanders sebagai Nino, dan beberapa aktor lainnya.

Jalan cerita sinetron ini berkutat pada kasus pembunuhan Roy yang dilakukan oleh Elsa. Roy dibunuh karena enggan bertanggung jawab atas kehamilan Elsa. Saat pembunuhan, Andin berada di tempat kejadian perkara. Ia jadi orang pertama yang dituduh sebagai pembunuh. Seiring berjalannya cerita, ibu kandung Elsa yang bernama Sarah mengaku sebagai pembunuh. Sarah hendak menyelamatkan putrinya dari ancaman bui.