Viral Mensos Risma Marah-marah Saat Kunker ke Gorontalo

Puolitik.com – Rekaman video Menteri Sosial Tri Rismaharini marah-marah lagi viral di media sosial. Kali ini amarahnya memuncak saat rapat bersama sejumlah pejabat di Gorontalo, Kamis (30/9/2021).

Risma melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo. Dalam kunjungan itu, Risma melakukan evaluasi penyaluran bansos yang terhambat.

Risma memutuskan menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau disebut juga bansos sembako secara tunai pada periode Oktober-November karena kondisi alam yang menyulitkan distribusi bantuan.

Penerima yang belum menerima bantuan sejak Juli lalu, akan mendapat bantuan tunai lima bulan sekaligus.

Risma meluapkan emosinya hingga menunjuk-nunjuk dan menghampiri pegawai dinas sosial setempat. Amarah ini terjadi saat dia mengetahui ada ketidaksinkronan data penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Dalam video Risma terlihat tidak senang dengan laporan pegawai yang menjadi sumber masalah. Kemarahannya dipicu ada perbedaan laporan antara PKH setempat dengan data yang disampaikan pejabat Kemensos.

Pejabat Kemensos yang hadir dalam rapat menyebut tidak pernah mencoret data KPM PKH. Risma kemudian memarahi petugas PKH Gorontalo yang kebetulan ikut dalam rapat.

“Jadi bukan kita coret, ya. Kamu tak tembak kamu ya,” kata Risma sambil berjalan mendatangi petugas PKH tersebut.

Pegawai lain sempat bersorak hingga suasana hening saat tahu Risma benar-benar marah.

“Data-data itu yang sering jadi fitnah. Itu saya yang kena, tahu nggak,” ujar Risma dalam rekaman video.

Risma juga menegaskan, Kemensos tidak pernah mencoret data KPM.

“DTKS dicoret, saya tidak pernah nyoret, semua daerah kita tambah, ngapain aku nyoret,” katanya. Video berdurasi 1 menit 27 detik ini viral di medsos dan kini menjadi perbincangan warga Gorontalo.

Bukan kali ini saja mantan wali kota Surabaya itu marah-marah terkait bansos. Risma pernah marah saat menemukan bansos disunat di daerah Kota Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu.