KH Cholil Nafis Tanggapi Penyataan Menag Soal Kemenag Hadiah untuk NU: Kemenag Urusi Semua Agama

JAKARTA – Ulama yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis menanggapi pernyataan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) terkait Kementerian Agama (Kemenag) hadiah untuk Nahdlatul Ulama (NU), bukan untuk umat Islam.

KH Cholil Nafis menegaskan, Indonesia merupakan hadiah dari Allah SWT untuk bangsa dan Kementerian Agama itu mengurusi semua agama bahkan kepercayaan.

Read More

“Indonesia hadiah dari Allah utk bangsa, dan Kementerian agama itu mengurusi semua agama bahkan kepercayaan. Bukan hadiah buat NU saja,”kata dia dikutip dari akun Twitter pribadi @cholilnafis Ahad (24/10/2021).

Lebih lanjut, KH Cholil mengatakan soal tokoh-tokoh NU yang berjasa bukan hanya untuk NU saja.“Soal Tokoh2 NU berjasa itu utk bangsa bukan hanya utk NU saja. Begitu saat Kiai Hasyim Asy’ari mengeluarkan resolusi jihad utk semua golongan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Menag Gus Yaqut kembali menjadi sorotan usai menyatakan Kemenag adalah hadiah untuk NU.

Hal itu diutarakan Gus Yaqut dalam webinar bertajuk ‘Santri Membangun Negeri WEBINAR INTERNASIONAL PERINGATAN HARI SANTRI 2021 RMI-PBNU’ yang disiarkan di YouTube TV9 Official, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Menurutnya, belakangan ini banyak muncul perdebatan di internal Kementerian Agama mengenai asal-usul Kementerian Agama.

Salah satu tokoh agama, kata Gus Yaqut, ada yang menyebut Kemenag hadiah negara untuk umat Islam. Tetapi dia dengan tegas membantahnya.“Saya bantah. Bukan. Kementerian agama itu hadiah negara untuk NU, bukan untuk umat Islam secara umum, tapi spesifik untuk NU,” ujarnya.

Sehingga wajar, sambungnya, jika NU banyak memanfaatkan peluang yang ada di Kemenag.“Jadi wajar kalau sekarang NU itu memanfaatkan banyak peluang yang ada di Kementerian Agama karena hadiahnya untuk NU,”kata Gus Yaqut.