Pemprov Jateng Apresiasi PKS Peduli Peternak dengan Langkah Edukasi PMK

Sekretaris Daerah Jateng Sumarno saat menghadiri kegiatan rembug peternak bersama Ketua Majelis Syuro (KMS) PKS Dr Salim, Kamis (23/6/2022) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. (Foto: Dok. Humas PKS)

SEMARANG – Pemerintah Povinsi (Pemprov) Jawa Tengah mengapresiasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah peduli terhadap nasib para peternak yang tengah menghadapi wabah Foot and Mouth Disease atau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Jateng Sumarno dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan rembug peternak bersama Ketua Majelis Syuro (KMS) PKS Dr Salim, Kamis (23/6/2022) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

“Kami mewakili bapak Wakil Gubernur Jateng dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi kepada teman-teman PKS mengadakan kegiatan rembug peternak di Kota Semarang, utamanya kaitannya langkah edukasi kepada masyarakat terkait PMK,”jelasnya.

Menurut pria yang juga Mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng ini, saat ini membutuhkan langkah edukasi yang massif kaitan dengan kondisi PMK yang terjadi.

“Kita lagi menghadapi PMK ini, butuh edukasi yang massif mensikapi merespon terhadap kondisi PMK ini, salah satunya juga kita menghadapi Idul Qurban, seperti para ahli bisa mengedukasi mensikapi hubungannya terhadap Idul Qurban,”jelasnya.

Sumarno berharap, kegiatan rembug peternak yang menghadirkan Dr Salim dan juga Dewan Pakar PKS yang concern di masalah peternakan ini bisa menjadi salah satu solusi.

“Mudah-mudahan momen ini bisa memberi pencerahan dan edukasi ke peternak bagaimana mensikapi terhadap kondisi kita terhadap PMK dan bagaimana kita bisa arif menyikapi, tentu saja kita berdoa semoga Allah SWT mencabut PMK di Indonesia,”pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, Habib Salim menyatakan optimismenya wabah PMK yang saat ini melanda puluhan ribu ternak, khususnya di Jateng bisa segera berlalu.

“Kita meyakini yang namanya penyakit pasti akan berlalu, memang persoalan ini menjadi persoalan bersama, sehingga kami mendorong Pemerintah untuk bisa melakukan langkah-langkah penanganan yang tepat sasaran,”jelasnya.

Selain itu, Habib Salim juga menginstruksikan kepada seluruh kader PKS yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI hingga DPRD Kabupaten/Kota serta para Kepala Daerah dari PKS untuk melakukan langkah advokasi dan pendampingan kepada para peternak terdampak PMK.

Hadir mendampingi Dr Salim berdialog adalah Ketua Fraksi PKS DPR RI Dr Jazuli Juwaini, Ketua DPP PKS bidang petani dan nelayan Riyono, Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Setia Budi Wibowo dan sejumlah tokoh dan ratusan peternak di Kota Semarang.